13 November 2009

Konsep Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek atau lebih terkenal disebut dengan Object Oriented Programming (OOP). Java mengadopsi bahasa C yang dikemas dengan lebih mudah untuk dipelajari. Ada tiga konsep dasar pemrograman java, yaitu encapsulation, inheritance, dan polymorphism.

Encapsulation (Pengkapuslan)
Encapsulation adalah pembungkusan suatu variabel dan method. Konsep ini bisa kita analogikan dengan kapsul obat. Kita tidak tahu isi dari kapsul tersebut tetapi kita tahu fungsi dari kapsul obat itu. Begitu pula dengan konsep encapsulation ini, suatu variabel dan method dibungkus dengan class. Class ini dapat kita manipulasi baik dengan inheritance ataupun polymorphism.

Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah pewarisan class dari super class ke sub class. Sub class mendapatkan sifat-sifat yang diturunkan dari super class-nya. Analoginya seperti ini, Seorang anak pasti mewarisi sifat-sifat orang tuanya bahkan mewarisi harta warisan keluarganya. Begitu pula dengan inheritance, sub class akan mewarisi sifat-sifat dan feature daripada parent class-nya.

Polymorphism (Banyak Bentuk)
Polimorphism adalah konsep pemrograman berorientasi obyek dimana suatu class bisa direplace atau diubah menjadi banyak varietas. Polymorphism diklasifikasikan menjadi 2 tipe, yaiut polymorphism overriding dan polymorphism overload. Polymorphism overriding mempunyai bentuk method yang mereplace method super class dengan parameter yang sama. Sedangkan polymorphism overloading mempunya bentuk method yang mereplace method super class tetapi dengan attribute yang berbeda dan parameternya juga tidak sama, sehingga method yang lama atau baru bisa digunakan.

Sekian dulu ya tentang Konsep Java, sebenarnya masih banyak lagi yang ingin saya share tetapi berhubung dengan padatnya waktu saya, jadi bagi yang ingin bertanya lebih lanjut bisa tinggalkan koment aja. Pasti akan saya follow up. Selamat belajar...

Comments :

1

thanks buat sharingnya

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar